Find Us On Social Media :

Banjir, Momok Menakutkan Buat Furnitur

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 Januari 2014 | 19:30 WIB

Banjir, Momok Menakutkan Buat Furnitur

Intisari-Online.com – Musim banjir telah tiba. Segala sesuatu bisa terancam oleh kedatangannya, tak terkecuali dengan parabot rumah tangga yang menjadi kesayangan kita. Apalagi banjir sampai merendam rumah kita. 

Eit, jangan buru-buru. Terlalu berharga kalau perabot kita buang begitu saja, karena dengan perawatan yang tepat, perabotan-perabotan tersebut bisa digunakan lagi.

Ada beberapa yang bisa ditempuh untuk menyelamatkan perabotan kayu di rumah kita. Apalagi jika perabotan kayu itu terbuat dari kayu utuh. Sayang kalau harus lantas dibuang! Simak caranya berikut ini:

- Oleskan mayones untuk membersihkan

Setelah menyelamatkan perabotan kayu kita, bersihkan perabotan tersebut di bawah air mengalir sambil disikat menggunakan detergen. Lakukan lumpur luntur dari permukaan perabot. Setelah itu, biarkan kering, dan oleskan mayones tanpa rasa. Terakhir, gosok dengan kain katun.

- Pisahkan rangka-rangkanya untuk mempermudah pembersihan

Beberapa perabot kayu, seperti kursi, meja, dan tempat tidur biasanya terbuat dari rangka sambungan. Maka, pisahkan dahulu rangka-rangka tersebut agar lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, lap perabot kayu menggunakan kain lembut. Jika menemukan noda yang sulit dihilangkan, gunakan lap berbahan karet. Setelah benar-benar kering, sambung kembali rangka perabotan tadi.

- Bersihkan jamur dengan terpentin

Kondisi lembab membuat perabot kayu mudah dimakan rayap. Untuk itu, membiarkan perabot benar-benar kering sebelum menyatukan bagian-bagiannya merupakan salah satu cara menghindari perabotan dari kelembaban dan jamur. Kelembaban mampu menimbulkan bintik-bintik pada batang kayu. Bintik tersebut dapat Kita hilangkan dengan menggunakan cairan anti jamur yang tersedia di toko bahan bangunan.

Jamur bintik-bintik putih juga dapat dibersihkan dengan terpentin atau campuran amonia dan air. Lap hingga kering. Restorasi kayu dengan krim khusus dan lanolin juga akan membantu memulihkan mebel kayu.

- Minyak kemiri untuk menjadikannya mengkilap kembali

Selain jamur, kayu yang kusam akibat terendam banjir dapat kita kembalikan kilaunya. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Ambil kemiri, tumbuk sampai halus. Bungkus kemiri dengan air bersih, remas hingga minyak kemiri muncul dari pori-pori kain. Gunakan minyak tersebut untuk mengolesi dan menggosok perabot kayu.(Tabita Diela|kompas.com