Find Us On Social Media :

Saat Kotak Telepon Bertransformasi Menjadi Galeri Seni

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 21 Januari 2014 | 18:45 WIB

Saat Kotak Telepon Bertransformasi Menjadi Galeri Seni

Intisari-Online.com - Upaya perubahan sepuluh kotak telepon legendaris Cheltenham di Inggris menjadi galeri seni telah mendapat lampu hijau. Kotak-kotak berwarna merah ini akan dipindah untuk sementara dan diperbaik, setelah itu akan dikembalikan ke posisi semula guna dijadikan instalasi seni.

Rencananya, kotak telepon legendaris ini akan memakan waktu satu tahun perbaikan sebelum benar-benar menjadi galeri.

Kotak telepon ini pertama kali digunakan secara resmi pada 1960-an, tapi jumlahnya terus menurun karena rusak. Sebagai langkah antisipatif, melalui program BT Adopt-a-Kiosk, Dewan Wilayah Cheltenham kemudian mengambil alih kepemilikan boks telepon dan mengubahnya menjadi galeri seni yang bernilai tinggi.

Howard Barber, anggota dewan Cheltenham, mengatakan, kotak telepon merupakah salah satu kebanggaan orang Inggris. “Kami sangat senang mengembalikannya pada kejayaannya masa lampau,” ujar Barber.

Lebih jauh, upaya ini dianggap sebagai satu langkah maju untuk membawa seni turun ke jalanan. Dewan Cheltenham membeli boks tersebut dari BT seharga 1 poundsterling atau setara dengan Rp 19.890 per boksnya.

Rencananya, anggaran yang dicanangkan untuk merobak sepuluh boks yang telah dibeli itu sebesar 22.000 poundsterling yang diambil dari Dana Seni Publik. Sementara itu, dewan wilayah akan menyumbang sebesar 15 juta poundsterling untuk proyek tersebut.

“Proyek ini merupakan bagian dari rencana regenerasi yang lebih luas untuk seluruh area. Tujuannya untuk lebih menjadi Cheltenham sebagai pusat kota yang ramah lingkungan dan pejalan kaki,” kata Barber kepada BBC.