Find Us On Social Media :

Cup Bao Bao, Bayi Panda Hasil Inseminasi Buatan

By Moh Habib Asyhad, Senin, 20 Januari 2014 | 19:45 WIB

Cup Bao Bao, Bayi Panda Hasil Inseminasi Buatan

Intisari-Online.com - Setelah menunggu sejak Sabtu (18/01) dini hari, para pengunjung Kebun Binatang Nasional Washington DC, AS, akhirnya berhasil menyaksikan debut pertama bayi panda berusia 5 bulan Cup Bao Bao. Jam kunjung khusus juga disediakan pihak pengelola sampai hari senin dengan menambah durasinya: 08.00 sampai 16.30.

Tak hanya itu, karena saking banyak pengunjung yang ingin menyaksikan debut Bao Bao, pengelola juga membuat kelompok-kelompok kecil.

Bao Bao berasal dari Bahasa Mandarin yang berarti “mulia” atau “harta karun” lahir dari panda betina 15 tahun bernama Mei Xiang pada 23 Agustus 2013. Cub adalah satu dari tigaratusan bayi panda yang lahir di beberapa tempat penangkaran di seluruh dunia, kebanyakan tersebar di Cina. Satu lagi kebun binatang di Amerika Serikat yang menghadirkan bayi panda-betina-kembar, adalah kebun binatang Atlanta.

Bao Bao adalah panda hasil inseminasi buatan dengan menyemprotkan sperma pejantan Tian Tian ke saluran genital betina Mei Xiang. Sebelumnya, inseminasi Tian Tian dan Mei Xiang menghasilkan panda Tai Shan pada 2005. Sayangnya, Tai Shan tidak bisa melihat adiknya lahir karena sudah keburu dibawa ke Cina pada 2010 lalu.

Seperti halnya Tai Shan, Bao Bao juga akan dibawa ke Cina setelah umurnya menginjak empat tahun.

Seperti yang ditulis LiveScience, saat ini terdapat 1.600 hidup di habitat asli mereka—hutan bambu di pegunungan Cina—yang menghadapi ancaman kepunahan akibat perusakan habitan dan fragmentasi.

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali konservasionis yang berupaya mempertahankan penangkaran dengan cara mempelajari dan melestarikan beruang-beruang langka.