Find Us On Social Media :

Remaja AS: Lebih Baik Mobil yang Hilang Ketimbang Ponsel

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 28 Januari 2014 | 19:15 WIB

Remaja AS: Lebih Baik Mobil yang Hilang Ketimbang Ponsel

Intisari-Online.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Zipcar, lembaga car sharing dari Cambridge, Amerika Serikat terhadap generasi muda, menghasilkan kesimpulan menarik. Remaja AS ternyata lebih memilih kehilangan mobil daripada kehilangan ponsel.

Sebelumnya, studi hanya menitik-beratkan, turunnya animo anak muda memiliki mobil. 

Studi dilakukan dengan menyurvei 1.009 orang dewasa, berusia 18 tahun ke atas, termasuk 955 pengemudi berlinsensi. Tujuannya untuk mengetahui tren demografi warga Amerika Serikat saat ini.

Memilih Ponsel

Zipcar menyimpulkan, 40 persen millennial atau Gen Y, generasi yang lahir sejak awal 1980 -2000an, lebih memilih kehilangan mobil ketimbang telepon seluler (ponsel). Mereka juga menilai, kehilangan akses ke komputer, laptop atau televisi adalah tragedi.

Hasil studi di atas kontras dengan kelompok umur 35 tahun ke atas yang hanya 16 persen berpendapat, kehilangan ponselnya lebih sulit diterima dengan alasan akan kehilangan akses untuk hal-hal lain. Kelompok umur ini hampir setengahnya mengatakan, kehilangan mobil harus dihindari.

Generasi muda ini juga menyatakan, kedekatan dengan ponsel dan piranti lain membuat mereka semakin jauh dari keinginan mengemudi. Zipcar terus melakukan penelitian mengenai tingkah laku anak muda sejak 2010, setelah meluncurkan program sewa mobil per jam.

Terlalu mahal untuk memiliki mobil

Fakta lain yang berhasil digali dari studi ini adalah pembuktian teori beberapa ahli terhadap generasi muda masa kini yang menghadapi tunggakan biaya pendidikan yang mahal dan lowongan kerja yang semakin sempit. Alhasil, mereka beranggapan mobil terlalu mahal untuk dimiliki dan juga belum waktunya.

Lebih dari separuh generasi yang lahir sejak awal 1980-2000an ini mengatakan, biaya kepemilikan mobil, termasuk asuransi, bensin, parkir, dan biaya lainnya sulit dipenuhi. Jumlah ini kontras dibandingkan dengan 35 persen generasi lebih tua mengatakan hal sama.

Rata-rata harga mobil baru yang dipasarkan di AS pada Desember 2013 lalu berkisar 33.000 dollar AS ( Rp 401,9 juta) dan ini sulit dicapai anak muda. (kompas.com)