Find Us On Social Media :

Abu Letusan Kelud Sampai Tasik, Warga Kira dari Galunggung

By Ade Sulaeman, Jumat, 14 Februari 2014 | 10:15 WIB

Abu Letusan Kelud Sampai Tasik, Warga Kira dari Galunggung

Intisari-Online.com - Hujan abu letusan Gunung Kelud diduga sampai ke wilayah Tasikmalaya, Jumat (14/2/2014) pagi. Warga sekitar pun sempat kaget dengan hujan abu disertai rintik hujan yang terjadi sejak pukul 07.30 WIB.

Pantauan Kompas.com, hujan abu terjadi hampir merata di seluruh wilayah Tasikmalaya. Beberapa motor dan mobil di jalan raya sempat berhenti, karena pengendara sempat kaget terjadi hujan abu. Bahkan, motor dan mobil yang terparkir terlihat dipenuhi bintik abu berwarna putih kecoklat-coklatan.

Seorang warga Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Yayat Mulyana mengatakan, hujan abu di wilayahnya tak begitu besar, tapi warga sempat panik dengan fenomena yang ada.

"Di tempat saya dikira hujan abu ini akibat Gunung Galunggung yang meletus, warga sempat panik. Setelah tahu dari berita ternyata Gunung Kelud," kata Yayat.

Sampai berita ini diturunkan, di wilayah Tasikmalaya masih terlihat gerimis abu vulkanik. Sebagian warga sempat panik dengan hujan abu ini, namun setelah mengetahui akibat letusan Gunung Kelud warga pun beraktivitas seperti biasanya.

Diberitakan sebelumnya, terjadi letusan di Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, malam tadi. Bahkan warga di sekitarnya mulai pagi ini mulai diungsikan. (Irwan Nugraha/kompas.com)