Find Us On Social Media :

Penguin Hibah Singapura Segera Hadir di Gembira Loka

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 28 Februari 2014 | 17:00 WIB

Penguin Hibah Singapura Segera Hadir di Gembira Loka

Intisari-Online.com - Orang Indonesia tak perlu jauh-jauh untuk melihat tingkah pola binatang khas kutub, penguin. Seperti yang disebutkan oleh Tribunnew.com, Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, kabarnya bakal menerima enam ekor penguin jenis Jackie Penguin.

Memang tidak langsung dari habitat aslinya, sih, penguin-penguin ini hanya didatangkan dari negeri tetangga, Singapura, sebagai hibah. Menurut Josep Kurniawan, Manajer Marketing dan Pengembangan GLZoo, binatang-binatang ikonik ini akan datang satu atau dua bulan lagi.

Untuk bisa berada di Yogyakarta, harus ada delapan tahap yang perlu dipenuhi oleh KB Gembira Loka. "Kita sudah sampai tahap ke tujuh," tegas Josep. Dirut GLZoo, KMT A Tirtodiprojo sendiri menjelaskan, izin mendatangkan penguin dati Singapura itu sejatinya tiak mendapatkan masalah berarti.

“Satu hal yang sempat menjadi kendala hanya terkait pakan penguin. Sebab, regulasi di Indonesia belum jelas, belum ada bahkan,” ujar Tirtodiprojo sembari menegaskan bahwa pakan yang dikirim ke Indonesia harus sesuai dengan regulasi yang ada di Singapura.

Lebih lanjut, Tirto menjelaskan, jenis ikan untuk pakan penguin adalah ikan caplein, herring, dan smelt. Pakan tersebut harus benar-benar bebas dari penyakit. Selain itu, pakan penguin juga harus tersimpan di lemari es dengan suhu minus 20 derajat celcius. Ketika hendak dihidangkan ke penguin-penguin itu, ikan-ikan yang tadinya bersuhu minus harus dihangatkan terlebih dahulu hingga suhu 8 derajat celcius. (Wijaya Kusuma|kompas.com)