Find Us On Social Media :

Beginilah Mengatasi Bau Mulut

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 September 2011 | 14:00 WIB

Beginilah Mengatasi Bau Mulut

Intisari-Online.com – Saya punya teman yang sedikit bermasalah dengan bau mulutnya (BM). Napasnya berbau. Kadang saya jadi agak segan kalau diajak bicara, terutama dalam jarak dekat. Apa ya penyebabnya? Apakah bisa diatasi?

Bermacam-macam penyebab napas tidak sedap.

Bagaimana mengatasinya?

Bila tanpa obat

Napas tidak sedap bisa diatasi dengan mem­bersihkan sela-sela gigi dengan floss (benang) setelah itu gosok gigi setiap kali sehabis makan. Ini berguna untuk menyingkirkan partikel-partikel ma­kanan sebelum bakteri berkesempatan mengubahnya se­­hingga menimbul­­kan masalah bau. Selain itu, juga meng­hindari  makanan yang beraroma terlalu kuat.

Jangan lupa menggosok lidah untuk menyingkirkan hasil penguraian bakteri serta sel-sel mati yang menempel pada permukaan lidah. Gantilah sikat gigi setiap tiga atau em­pat bulan sekali.

Minum air putih sebanyak-banyaknya juga dapat mencegah menumpuknya bakteri dalam air ludah di mulut dan tenggorokan.

Mencoba salah satu dari ramuan tanaman obat berikut ini juga bisa membantu mengatasi kesulitan bau mulut:

Obat bebas

Obat/tindakan dokter

Periksakan ke dokter gigi untuk merawat gigi yang rusak atau terinfeksi dan menambal yang berlubang. Juga membersihkan plak bakteri di kan­tong-kantong gusi, terutama bila sampai ada infeksi pada gusi, sambil menghilangkan ruang-ruang sela gigi yang menjadi tempat sisa makanan.