Find Us On Social Media :

Ingat! Vitamin Bukan Penambah BB

By Agus Surono, Rabu, 14 September 2011 | 17:38 WIB

Ingat! Vitamin Bukan Penambah BB

Intisari-Online.com - T: Anak saya usianya 5 bulan, tetapi berat badan (BB)-nya hanya 6 kg. Pola makannya setiap hari adalah sekali bubur susu, dua keping biskuit bayi, sekali sari buah jeruk/pepaya, selebihnya susu formula. Ia sudah tidak mau minum ASI sejak 2 minggu lalu. Menurut dokter, apa pola makan anak saya sudah benar? Selain jeruk dn pepaya, buah apalagi yang bisa diberikan? Vitamin apa saja yang boleh diberikan agar ia mau makan dan badannya gemuk?

J: Kenaikan BB sebaiknya dilihat dari grafik pertumbuhan yang ada. Dengan mengikuti grafik pertumbuhan itu, barulah dapat dinilai apakah pertambahan BB dan tinggi badan (TB)-nya baik atau tidak. Penilaian sesaat tidak cukup untuk memberi keterangan apakah BB-nya cukup atau tidak. Secara kasar, memang dapat dikatakan kalau bayi usia 5 bulan beratnya kira-kira dua kali BB lahir.

Makan untuk bayi 5 bulan biasanya terdiri atas 5 makan besar, yang umum 3 kali susu, 2 kali bubur susu. Buah dan biskuit tidak dianggap sebagai makan besar, tapi sebagai selingan. Jenis buah lain yang boleh diberikan, apel, alpukat, tomat, dan pir.

Vitamin sebagai penambah nafsu makan dan penambah BB hanya mitos saja. BB anak yang sehat akan naik dengan sendirinya walau tidak ditambah vitamin khusus. Lagi pula susu formula sudah ditambah vitamin di dalamnya. (Sumber: Tanya Jawab Balita)