Find Us On Social Media :

Mengatasi Mata Kering

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 22 Oktober 2011 | 09:00 WIB

Mengatasi Mata Kering

Intisari-Online.com – Tanya: Mata saya suka terasa tidak enak, kalau dikedipkan, seperti ada pasirnya? Menga­­pa demi­kian? Bagaimana mengatasinya?

Jawab: Gejala seperti yang Anda alami itu ke­mungkinan yang disebut mata kering. Mata ke­ring merupakan masalah umum bagi orang yang bekerja di depan komputer selama ber­jam­-jam setiap harinya, atau mereka yang memakai lensa kontak. Mata kering juga biasa di kalangan mereka yang bekerja di daerah yang berangin, berasap atau dekat bahan-bahan ki­miawi. Semakin siang rasa seperti panas, ber­pasir, a­kan makin terasa.

Banyak penyebab mata kering. Mata ku­rang berkedip, iritasi karena lensa kontak, a­sap atau polusi dapat mengakibatkan mata kering. Bahkan penyakit yang disebut kerato­conjunctivitis sicca (kekeringan pada mata ka­­rena kurangnya air mata) juga terasa seperti di atas.

Wanita lebih mudah terkena mata kering daripada pria, kemungkinan karena perubahan hormon, terutama pada wanita sesudah menopause. Selain itu obat-obat tertentu seperti obat tidur, antihistamin, dan beberapa obat tekanan darah tinggi, dapat menjadi penyebab mata kering.

Bagaimana Mengatasinya?

Tanpa obat: Usahakan untuk mengistirahatkan mata selama beberapa menit setiap satu jam memandang kom­puter. Tutup mata dan biarkan air mata secara a­lami membasahi mata. Hitung sampai seratus. Anda akan merasa lebih enak!

Jangan mengarahkan sumber-sumber udara lain se­perti  pengering rambut, atau kipas angin misalnya, ke de­kat mata. Pakai kacamata di tempat yang banyak angin dan kacamata renang saat berenang.

Kompres mata dengan ramuan bahan tumbuhan adas (Foeniculum vulgare Mill.) tindakan ini akan mengurangi warna kemerahan dan keletihan mata kering. Mengguna­kan alat pelembap udara di rumah akan dapat menjaga kelembapan mata lebih lama.

Obat bebas: Bisa juga menggunakan air mata buatan bebas zat pengawet atau semacamnya yang mirip dengan air mata asli. Cairan ini mengandung bahan yang bisa melumas, melindungi, dan melapisi selaput mata (seperti propilen glikol, gliserin, dan eter selulosa).

Jenis celluvisc merupakan obat tetes mata pa­ling baik buat penyakit mata kering yang membandel.

Obat/tindakan dokter: Jika obat bebas tidak membantu, atau jika mata kering terjadi secara tiba-tiba, segera ke dokter. (Penyakit, Terapi & Obatnya)