Find Us On Social Media :

Mengapa Wanita Lebih Cepat Beruban?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 7 November 2011 | 18:00 WIB

Mengapa Wanita Lebih Cepat Beruban?

Intisari-Online.com – Warna rambut akan berubah dengan usia, bisa ke abu-abu atau putih. Rupanya ada perbedaan antara pria dan wanita. Rambut wanita seringkali berubah abu-abu lebih cepat daripada pria. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sekelompok ilmuwan Inggris menemukan jawabannya. Sebuah studi skala besar menemukan bahwa gen dan gaya hidup wanita lebih memungkinkan jadi penyebab rambut beruban. Ini berbeda dari teori-teori sebelumnya bahwa tingkat rambut abu-abu pada seseorang tergantung pada faktor-faktor negatif seperti tingkat kesehatan, stres, atau diet.

Para peneliti mempelajari lebih dari 200 kembar identik dan non-identik antara usia 59 – 81 tahun di Inggris. Kembar identik, yang berbagi gen yang sama ternyata identik juga kondisi rambun ubannya. Di sisi lain, kembar non-identik yang memiliki gen berbeda, memiliki tingkat yang berbeda pada rambut ubannya.

Temuan yang dibuat oleh sebuah perusahaan perawatan rambut memperkuat kesimpulan bahwa wanita memiliki rambut ubat karena sifat gen.

Menurut para ahli, Anda tidak dapat mengubah genetika dan pengaruhnya pada rambut. Namun, berbagai perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan rambut akan memperlambat proses rambut beruban.