Find Us On Social Media :

Jangan Minum Saat Makan!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 25 November 2011 | 19:00 WIB

Jangan Minum Saat Makan!

Intisari-Online.com – Banyak minum saat sedang makan memang bisa membuat mengunyah dan menelan makanan menjadi lebih mudah. Padahal, minum air selama makan dapat menghambat pencernaan dan menyebabkan peningkatan insulin yang dapat mengikat lebih banyak lemak.

“Kebanyakan orang minum air saat makan. Teorinya bahwa itu membuat makanan turun lebih cepat. Tetapi orang-orang tidak tahu bahwa ini hal yang buruk bagi sistem pencernaan mereka,” kata Shonali Sabherwal, konselor makrobiotik dari India, seperti dilaporkan oleh Times of India.

Shonali menjelaskan, minum banyak air saat makan bisa menghambat sistem pencernaan dan menyebabkan naiknya insulin secara signifikan. Perut kita memiliki kemampuan untuk tahu kapan makan dan segera mulai melepaskan cairan untuk mencerna. Jika kita mulai minum air pada saat yang sama, ini akan mengikis cairan pencernaan yang telah dikeluarkan untuk mencerna makanan, yang pada akhirnya malahan menghambat kerja sistem pencernaan.

Air yang dikonsumsi saat makan akan diserap oleh dinding lambung. Penyerapan ini akan terus terjadi sampai cairan pencernaan terkonsentrasi cukup untuk mulai mencerna makanan. Namun, karena pencernaan bercampur dengan air, konsentrasi zat menjadi lebih tebal daripada isi makanan di lambung. Cairan lambung yang dilepaskan lebih sedikit untuk mencerna makanan. Akibatnya, makanan yang tidak dicerna masuk ke dalam sistem karena diserap oleh dinding lambung. Yang akhirnya menyebabkan refluks asam dan dada terasa panas.

Minum saat makan juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar insulin. Insulin menjadi lebih banyak dilepaskan dalam aliran darah, sehingga semakin besar kemungkinan tubuh menyimpan lemak.

Untuk menghindari banyak minum selama makan, Shonali menyarankan, antara lain tidak makan makanan yang terlalu asin atau dapat menyebabkan rasa haus dan membuat banyak makan, serta cobalah untuk makan secara perlahan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum sedikit air selama makan bukanlah masalah besar, tapi bila minum segelas atau dua gelas airlah yang bisa mengganggu pencernaan.

Menurut para peneliti, yang terbaik adalah minumlah air sebelum dan sekitar dua jam setelah makan karena membantu penyerapan nutrisi.