Find Us On Social Media :

Haus Bikin Mood Jelek

By Agus Surono, Senin, 30 Januari 2012 | 14:00 WIB

Haus Bikin Mood Jelek

Intisari-Online.com - Sedang mengalami mood yang jelek? Tapi Anda merasa tidak ada sesuatu kejadian yang membuat Anda bisa bad mood begitu. Ternyata, penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition menemukan penyebab bad mood tanpa jelas itu: kekurangan air dalam tubuh sudah cukup untuk melunturkan semangat Anda.

Para peneliti menguji mood 25 wanita melalui serangkaian jeda hidrasi dan olahraga. Hasilnya? Bahkan mereka yang dehidrasi dalam jumlah sedikit – entah mereka sedang bekerja atau istirahat – berakhir di mood yang jelek. Semakin dehidrasi wanita itu, semakin tak bahagia mereka.

Dehidrasi ringan bisa berpengaruh terhadap Anda juga (meski ternyata berpengaruh sangat besar kepada wanita), kata Harris Lieberman, Ph.D., dari Lembaga Penelitian Pengobatan Lingkungan AD AS. Bagaimana cara kerjanya? Para peneliti belum yakin sepenuhnya. Mereka berspekulasi bahwa dehidrasi dapat dideteksi oleh saraf dan diteruskan ke bagian otak yang mengatur mood segera setelah gejala haus muncul.

Lalu mengapa wanita lebih terpengaruh? Menurut Liebermen pada umumnya wanita cenderung kurang bugar dibandingkan dengan pria. Wanita lebih sering gampang haus dibandingkan dengan pria

Jarang minum? Mulailah sekarang. Menjaga hidrasi tubuh tak saja menghindari bad mood namun penelitian juga menunjukkan bahwa minum sekitar 500 mL begitu bangun tidur meningkatkan metabolisme Anda seharian