Find Us On Social Media :

Pohon Pinus Bikin Awet Muda

By Christine Fenny, Selasa, 31 Januari 2012 | 06:00 WIB

Pohon Pinus Bikin Awet Muda

Intisari-Online.com- Ekstrak pohon pinus ternyata bisa memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Ini terlihat pada hasil penelitian ahli farmakologi di Leibniz Research Institute di Dusseldorf, Jerman.

Suplemen yang mengandung ekstrak pinus ternyata dapat meningkatkan elastisitas kulit sebesar 25 persen. Penelitian yang melibatkan 20 perempuan sehat berusia 55 - 68 ini menunjukkan kenaikan asam hialuronat (asam yang baik bagi kulit).

Para peserta sebelumnya dirawat dengan Pycnogenol (merek suplemen yang mengandung ekstrak pinus dan antioksidan) dan dipantau selama 12 minggu. Hasilnya terlihat produksi asam meningkat sebesar 44 persen, sementara elastisitas kulit juga naik sebesar 25 persen dan hidrasi kulit naik sebesar delapan persen. Perubahan tersebut terutama terlihat pada wanita yang memiliki kulit kering dari awal.

Ekstrak pinus juga terlihat mengurangi kerutan dan meningkatkan kehalusan kulit. "Sampai saat ini, Pycnogenol adalah satu-satunya suplemen alami yang merangsang produksi asam hialuronat pada kulit manusia," jelas Dr. Jean Krutmann, pemimpin penelitian. 

Sebelumnya, Pycnogenol telah ditemukan juga efektif dalam pengobatan diabetes, impotensi, gejala menopause, asma, osteoarthritis, dan hipertensi. (Dailymail)