Find Us On Social Media :

Tips Merawat Mata Bagi Pengguna Komputer

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 5 Februari 2012 | 00:00 WIB

Tips Merawat Mata Bagi Pengguna Komputer

Intisari-Online.com – Peningkatan penggunaan komputer baik di rumah dan di kantor menyebabkan seringnya muncul keluhan kelelahan dan ketidaknyamanan pada mata. Penelitian telah menetapkan bahwa monitor komputer hanya memancarkan radiasi berbahaya sedikit atau tidak ada, seperti sinar x atau sinar ultraviolet.

Jadi, kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitar layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan furnitur komputer. Ketegangan yang berlebihan pada mata, dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala. Semua gejala ini bisa menyebabkan frustasi, meningkatnya iritasi dan ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan seefisien mungkin.

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mata dari ketegangan dan kelelahan. Berikut ini beberapa yang disarankan oleh Lifemojo.

Perubahan pada meja komputer

Olahraga relaksasi mata

Tips umum

Jika Anda menggunakan komputer sehari-hari maka tips di atas pastilah membantu Anda untuk membuat mata santai dan meningkatkan produktivitas Anda dalam jangka panjang.