Find Us On Social Media :

Pentingnya Vitamin B12

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 7 Februari 2012 | 14:00 WIB

Pentingnya Vitamin B12

Intisari-Online.com – Vitamin terbagi dalam dua kategori umum. Yang pertama disebut vitamin larut lemak, termasuk dalam ini vitamin E dan K. Vitamin ini dapat disimpan dalam tubuh, dalam beberapa kasus, diproduksi oleh tubuh, sehingga kekurangan vitamin ini sangat langka. Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air. Meskipun dapat disimpan, dalam beberapa kasus, tidak dapat digunakan dengan benar.

Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikenal sebagai cobalamin, vitamin B12 diperlukan dalam proses mengubah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan menjadi energi. Vitamin B12 juga, yang lebih penting, membantu sel-sel darah merah yang sehat, dengan demikian mencegah penyakit jantung dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh pada tingkat maksimum. Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga pelindung di sekitar sel-sel saraf dalam tubuh.

Pentingnya vitamin B12 dalam diet Anda

Gejala kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 sering terjadi pada vegan (vegetarian ketat) karena sumber utama B12 adalah produk hewani. Hal ini juga umum di kalangan lanjut usia. Kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan beberapa bentuk demensia. Gejala yang terkait dengan kekurangan B12 adalah:

Sumber Vitamin B12

Karena vitamin B12 adalah salah satu dari beberapa vitamin yang dapat disimpan dalam tubuh, kekurangan secara ekstrim jarang terjadi. Jika tubuh tidak dapat menggunakan vitamin B12 dengan benar atau menyerap makanan dalam usus, Anda mungkin perlu suplemen vitamin ini untuk membantu tubuh. Vegan sangat rentan terhadap ini sehingga harus mengasup suplemen vitamin.