Find Us On Social Media :

Mata Kelilipan dan Telinga Buntu

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 1 April 2012 | 12:00 WIB

Mata Kelilipan dan Telinga Buntu

Intisari-Online.com – Namanya juga anak-anak, selagi bermain dengan segala kegembiraan terkadang mereka tak memperhitungkan bahaya. Termasuk yang sering terjadi adalah masuknya benda-benda asing ke dalam tubuhnya, antara lain ke mata dan telinga. Kalau sudah demikian, yang bisa mereka lakukan hanya menangis. Lantas apa yang sebaiknya harus dilakukan?

Mata kelilipan

Yang pertama kali harus diingat, sebagai orangtua kita jangan gegabah menyentuh atau mengambil zat apa pun yang menempel atau masuk ke dalam kelopak mata si buyung dengan tangan telanjang. Untuk amannya, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Telinga buntu

Sering kali anak kecil memasukkan benda asing ke dalam telinganya. Atau karena kecerobohannya, seekor serangga atau hewan merayap terperangkap di dalam telinganya. Hal ini tentu menyebabkan si anak kesakitan. Kalau ini dibiarkan, benda tersebut bisa merusak gendang telinga yang kemudian bisa mengakibatkan ketulian temporer.

Dalam kondisi demikian, lihatlah ke dalam telinga dengan saksama. Tanyakan kepada si anak apa yang dimasukkannya ke dalam telinga. Meskipun Anda bisa melihat barang asing itu, jangan berusaha untuk mengeluarkan sendiri. Mintalah dokter untuk menanganinya.

Bila seekor serangga atau hewan merayap terperangkap di dalam telinga, anak Anda pasti sangat terganggu. Untuk mengatasinya, dudukkanlah si anak di tempat yang nyaman. Suruhlah ia memiringkan kepala dengan telinga yang kemasukan serangga di sisi atas. Pelan-pelan siramkan ke dalam telinga air hangat yang bersih sehingga serangga tersebut keluar dengan sendirinya. Bila dengan usaha itu serangga tidak bisa dikeluarkan, segeralah membawa si anak ke rumah sakit. (Kumpulan Artikel Kesehatan Anak)