Find Us On Social Media :

Membersihkan Gigi dengan Jari

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 1 April 2012 | 15:00 WIB

Membersihkan Gigi dengan Jari

Intisari-Online.com – Untuk membuat gigi terlihat bersih dan menyingkirkan bau mulut, orang selalu menyikat gigi setiap hari. Ada banyak cara untuk membersihkan gigi, menyikat dengan sikat gigi, menggunakan benang gigi, atau menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi listrik. Sebuah tim dari Universitas Gothenburg, Swedia, menemukan teknik yang cepat untuk mengurangi risiko kerusakan gigi. Pemimpin penelitian, Dr. Anna Nordstrom, mengatakan, “Menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan jari Anda meningkatkan perlindungan fluoride sampai 400%.”

Para peneliti menguji efek dari pasta gigi dengan fluoride tinggi yang bisa diperoleh tanpa resep di Swedia. Mereka meminta 16 relawan untuk menyikat gigi beberapa kali sehari dan menguji teknik menyikat dengan jari.

Menurut Dr. Nordstrom, metode “pijat” (menyikat gigi dengan jari) terbukti sama efektifnya dengan menyikat gigi tiga kali dengan sikat gigi dalam meningkatkan jumlah fluoride dalam mulut. “Menggosokkan pasta gigi dengan jari adalah cara termudah untuk ‘membakar’ fluoride selama sehari, seperti setelah makan siang,” katanya, seperti dikutip oleh DailyMail. Namun, ia menambahkan, ini tidak dapat menggantikan kebiasaan menyikat gigi dengan sikat gigi di pagi dan sore hari. Ini tambahan, hanya tambahan,” kata Dr. Nordstrom.

Orang harus menghindari membersihkan pasta gigi dengan air setelah menyikat gigi. Fluoride adalah mineral alami yang mencegah kerusakan dengan memperkuat perlindungan email gigi yang melapisi gigi. Hanya 10% air di Inggris yang mengandung fluoride dibandingkan dengan Amerika yang hingga 60%.

Peneliti mempercayai meninggalkan fluoride pada gigi tanpa pembilasan tidak berbahaya. Pandangan ini bertentangan dengan keyakinan, fluoride dapat meningkatkan risiko kesehatan, bahkan meningkatkan risiko kanker tulang pada anak laki-laki. Tapi British Dental Association mengatakan, fluoridasi adalah cara yang aman dan efektif untuk mengurangi masalah gigi.

Bakteri yang melayang-layang di mulut dapat menyebabkan bekuan darah yang mengancam jiwa melalui gusi berdarah yang menyebabkan endokarditis. Karena itu, penting untuk selalu menjaga gigi kita bersih, dan cobalah menghindari hal-hal yang menghancurkan kesehatan gigi.