Find Us On Social Media :

Hamil? Jaga Kesehatan Mulut!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 12 Mei 2012 | 08:35 WIB

Hamil? Jaga Kesehatan Mulut!

Intisari-Online.com – Kehamilan adalah saat seorang wanita paling rentan terhadap penyakit. Kebanyakan wanita hamil cenderung mengabaikan kesehatan mulut mereka, padahal kesehatan mulut dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Seperti dilaporkan Times of India, sebuah penelitian baru menunjukkan ada hubungan antara kesehatan mulut ibu hamil dengan kesehatan janin. Ibu hamil yang memiliki penyakit periodontal, tujuh kali lebih mungkin melahirkan bayi prematur.

Dr. D. Gopalakrishnan menginformasikan, “Gingivitis (radang gusi) selama kehamilan merupakan komplikasi oral yang mempengaruhi banyak wanita hamil. Berdarah, gusi bengkak, gusi berdarah, bahkan bau mulut merupakan gejala dari gingivitis selama kehamilan.” Menurutnya, 80% wanita hamil, rata-rata mengeluhkan komplikasi oral. Bila tidak segera diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang fatal.

Penyakit periodontal memiliki dampak negatif pada gigi dan gusi bayi. Kondisi ini harus dihindari dan semua masalah harus segera diatasi untuk menghindari komplikasi. Penting bagi wanita hamil untuk secara teratur memeriksa kondisi kesehatan mulut mereka. Lebih baik lagi jika seorang wanita yang merencanakan program kehamilan, juga melakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara rutin.

Untuk memulai hidup sehat, wanita harus rajin menggosok gigi dengan bulu sikat yang lembut. Juga dianjurkan berkumur dengan obat kumur antibakteri. Namun, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat kumur.

Dengan kebersihan mulut yang terjaga, ditambah makanan yang kaya serat, vitamin dan mineral, wanita dapat memastikan kesehatannya yang baik selama kehamilan. Jadi, penting bagi wanita untuk menghindari hal-hal yang merusak kesehatan gigi selama kehamilan.