Find Us On Social Media :

Aroma Jeruk Bikin Stres Kempes

By J.B. Satrio Nugroho, Rabu, 30 Mei 2012 | 12:00 WIB

Aroma Jeruk Bikin Stres Kempes

Intisari-Online.com - Baru pusing dan stres akibat kerjaan yang menumpuk? Istirahat sejenak, dan cobalah hirup aroma jeruk. Pikiran Anda akan lebih tenang

Ya, aroma buah jeruk, termasuk juga anggur, mangga, bunga lavender, dan daun kemangi bisa menurunkan ketegangan karena beban pekerjaan dan hidup yang baru berat. Tumbuhan yang disebutkan tadi mengandung zat kimia linalool. Zat tersebut mampu menyantaikan kinerja sistem limbik yang terdapat di otak.

Laraine Pounds, seorang pakar aromaterapi di Boulder, Colorado, melakukan percobaan untuk membuktikannya. “Sistem limbik pada otak mengontrol emosi mamalia, termasuk manusia. Zat linalool mampu meredakan kinerja sistem limbic yang berlebihan,” katanya.

Pounds membuat percobaan dengan membuat panik sekumpulan tikus percobaan yang dikumpulkan di sebuah ruangan kecil. Saat mereka panik dan berlarian ke sana-ke mari, Pounds menyemprotkan aroma buah, bunga, dan daun tersebut. Sesaat kemudian, tikus-tikus yang kalang-kabut itu menjadi lebih tenang. (Majalah Nirmala)