Find Us On Social Media :

Masalah Selama Kehamilan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 18 Juni 2012 | 16:14 WIB

Masalah Selama Kehamilan

Intisari-Online.com – Masalah umum yang sering mengganggu perempuan hamil antara lain mual pada pagi hari, rasa panas di dada, sakit punggung dan masalah-masalah lainnya. Semua ini membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi tidak membahayakan kesehatan Anda maupun calon bayi. Kalau gangguan tersebut menjadi hebat atau tetap bertahan kendati Anda telah berusaha mengatasinya, segeralah ke dokter.

Mual-mual di pagi hari

Sebagian perempuan hamil mengalami mual di pagi hari selama 12 minggu pertama kehamilan. Meskipun mual itu tidak selalu terjadi pada pagi hari, namun istilah itu untuk menggambarkan mual atau muntah. Hal ini tidak berbahaya. Untuk mengatasi mual pada pagi hari:

Anemia

Sejumlah perempuan hamil menderita anemia (kekurangan kadar hemoglobin dalam darah) akibat kekurangan zat besi atau pasokan asam folat. Gejala anemia antara lain tubuh terasa lelah, susah bernapas, mudah pingsang, jantung berdebar-debar dan pucat. Keadaan ini dapat membahayakan Anda maupun bayi. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan tes darah. Kalau Anda menderita anemia:

Edema (pembengkakan)

Saat hamil, jaringan tubuh menyerap lebih banyak air sehingga terjadi pembengkakan, hal itu lazim terjadi. Udara panas memperburuk keadaan. Kalau Anda mengalami pembengkakan:

Varises

Sekitar 20% perempuan hamil mengalami varises. Kehamilan  mengakibatkan volume darah dalam tubuh meningkat dan aliran darah dari kaki ke panggul terhambat. Perubahan ini menyebabkan vena di kaki membesar dan kadang-kadang terasa sakit. Yang perlu Anda lakukan bila mengalami varises:

Sembelit

Perempuan hamil sering mengalami sembelit. Susah buang air besar ini disebabkan meningkatnya tekanan pada usus besar akibat pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Rasa panas di dada (heartburn)