Find Us On Social Media :

Menyikat Gigi dengan Benar

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Juni 2012 | 18:20 WIB

Menyikat Gigi dengan Benar

Intisari-Online.com – Kita semua telah menyikat gigi sejak kecil. Mungkin banyak dari kita yang berpikir tidak ada masalah besar soal menyikat gigi. Kita hanya perlu memindahkan sikat di sekitar mulut, kemudian selesai dalam sekejap. Para ahli memiliki pandangan yang sama sekali berbeda tentang seni menyikat gigi dan mereka berpendapat bahwa seluruh proses harus berlangsung setidaknya dua menit.

Menyikat gigi tidak hanya memastikan kebersihan gigi tapi juga kesehatan mulut. Tidak teratur atau tidak tepat menyikat gigi akan menyebabkan bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Menyikat secara efektif meliputi:

Penggunaan sikat dengan benar

Urutan yang benar saat menyikat gigi adalah:

Penggunaan sikat gigi yang tepat

Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut nilon dan kepala kecil. Bulu lembut akan menyikat lembut pada gusi dan lebih mudah menjangkau sela gigi. Kepala sikat kecil akan memungkinkan kita mencapai seluruh area mulut. Pastikan sikat gigi dibasahi dulu sebelum menyikat. Ini untuk melindungi gisi dan tidak akan robek oleh tajamnya bulu sikat gigi. Beberapa saran untuk menemukan sikat gigi yang benar.

Penggunaan pasta gigi yang benar

Banyak pasta gigi yang dijual di pasaran untuk kebutuhan yang berbeda seperti gigi berlubang, radang gusi, karang gigi, gigi bernoda, dan gigi sensitif. Pilihlah yang tepat dan cocok. Akan lebih baik bila bertanya pada dokter gigi untuk pemilihan pasta gigi yang tepat. Gunakan pasta gigi seukuran  kacang pada sikat gigi dan mulailah menyikat gigi.

Ganti sikat gigi

Gantilah sikat gigi minimal setiap tiga bulan untuk menjaga kebersihan mulut yang baik. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan sikat gigi usang yang sma selama berbulan-bulan. Ingatlah juga untuk mengganti sikat gigi setelah kita terserang flu karena kadang-kadang bulu sikat menyimpan kuman yang dapat menyebabkan infeksi ulang.

Perlu diperhatikan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Menyikat gigi adalah kegiatan dasar yang kita lakukan setiap hari dan itu sangat penting. Tepat menyikat gigi akan mendapatkan kesehatan mulut yang baik, dengan demikian akan didapatkan gigi segar dan berkilau. (*)