Find Us On Social Media :

Cegah Gigi Anak Rusak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 3 Juli 2012 | 09:00 WIB

Cegah Gigi Anak Rusak

Intisari-Online.com – “Sayang, jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan rumah ini dalam waktu 10 menit, mama akan memberi kamu kue kering, cokelat dan permen. Atau, bagimana bila tutty fruity setelah papa pulang dari kantor?” Bujukan yang sering dilontarkan oleh seorang ibu kepada anaknya agar menyelesaikan pekerjaan rumahnya tepat waktu.

Boleh-boleh saja orangtua memberikan hadiah bila si anak bisa menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan baik. Tetapi, mengapa harus memberikan makanan yang manis-manis? Tentu kebiasaan ini akan mempengaruhi kesehatan mulutnya. Apalagi bila si anak belum bisa menjaga kesehatan mulutnya dengan baik. Apakah Anda juga memeriksa bila anak benar-benar membersihkan mulutnya atau tidak? Kadang-kadang anak merasa malas mencuci mulut atau berkumur setelah makan, yang akhirnya ia akan menderita kerusakan gigi.

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah umum yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Bakteri yang hidup di mulut dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif. Bakteri normal di mulut menggunakan gula dari makanan yang kita makan sebagai makanan mereka dan menghasilkan adam. Asam ini menghancurkan gigi, menyebabkan pembusukan dan iritasi gusi (gingivitis). Jadi, penting untuk mencegah masalah gigi sebelum terjadi. Kebiasaan sehat yang berkaitan dengan kebersihan mulut dan diet harus diperkenalkan sejak masa kecil agar kesehatan mulut diperoleh secara optimal untuk seumur hidup.

Berikut ini cara-cara untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi pada anak.

Sebagai orangtua, kita wajib mendorong anak untuk merawat kesehatan mulutnya. (*)