Find Us On Social Media :

Kecukupan Zat Gizi Mikro Bagi Tumbuh Kembang Anak

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 2 Agustus 2012 | 14:09 WIB

Kecukupan Zat Gizi Mikro Bagi Tumbuh Kembang Anak

Intisari-Online.com – Masalah kecukupan zat gizi mikro masih menjadi tantangan dalam mendukung tumbuh kembang anak Indonesia secara optimal. Jika tidak diatasi akan memberi dampak buruk dalam jangka panjang.

Kecukupan zat gizi mikro sangat penting terutama untuk ibu hamil dan anak-anak balita, demikian penjelasan yang diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Hardiansyah, MS, Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dalam acara "Nutritalk Sarihusada".

Zat gizi mikro meliputi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit tetapi sangat penting. Pada umumnya disuplai dari makanan dan minuman. Namun, bila kekurangan akan berdampak buruk dalam jangka panjang, pada imunitas, stamina, dan tumbuh kembang.

Zat gizi mikro memiliki peran untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, sel, dll; pencernaan dan metabolisme, pembentukan imunitas, tekanan darah dan cairan tubuh serta pengendalian saraf.

Apa saja zat gizi mikro dan apa kegunaannya? Bisa diperoleh dalam bahan makanan apa sajakah?

Kekurangan zat gizi mikro lebih sering terjadi. Terutama pada anak dan wanita, serta ibu hamil. Kekurangan ini seringkali diakibatkan karena diet (pola makan) yang miskin sumber pangan hewani dan buah. Tanpa pangan hewani dan sayur akan sulit untuk memenuhi kecukupan asupan zat gizi mikro. (*)