Find Us On Social Media :

Tubuh Langsing dari Dapur

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 28 Agustus 2012 | 09:00 WIB

Tubuh Langsing dari Dapur

Intisari-Online.com – Dapur adalah jantung rumah kita, tetapi juga tempat yang dapat menghancurkan program penurunan berat badan kita. Jika sedang berusaha untuk membuat tubuh ramping, lakukan hal-hal berikut ini di dapur Anda, seperti dilansir oleh fitsugar.

  1. Buatlah buah-buahan menjadi yang mudah diraih daripada sekantong keripik.

    Cuci, dipotong-potong, dan simpanlah buah-buahan seperti anggur, melon, kiwi, nanas, dan apel dalam wadah yang dapat digunakan kembali di lemari es sehingga mudah diambil. Pastikan disimpan di rak tepat di depan mata dalam lemari es, sehingga buah-buahanlah yang pertama dilihat ketika membuka lemari es.

  2. Siapkan satu wadah besar salad.

    Menyantap salad sebelum makan malam adalah cara yang bagus untuk mengisi perut sehingga akan makan lebih sedikit saat makanan utama. Tetapi, membuat salad setiap malam membutuhkan waktu sehingga mudah tergoda untuk tidak membuatnya. Karena itu, buatlah salad dalam jumlah besar lalu tempatkan dalam wadah kedap udara. Jadi, setiap malam hanya tinggal menyendoknya seporsi, lalu menambahkan sedikit saus, dan menikmatinya.

  3. Miliki gelas atau sendok ukur di meja.

    Mengukur takaran makanan dimaksudkan untuk menjaga porsi yang diasup, tapi kadang ini menjadi alasan orang untuk tidak menurunkan berat badan, karena tidak tahu takarannya. Nah, dengan melihat sendok atau gelas ukur di meja, akan menjadi pengingat visual agar tidak lupa untuk menggunakannya.

  4. Membuat makanan ringan sendiri.

    Anda tahu apa yang terjadi ketika makan keripik atau kerupuk? Asupan kalori pun akan bertambah! Lebih baik ambil camilan sehat seperti kacang-kacangan, popcorn, buah segar, atau buatlah makanan ringan sendiri dengan 100 kalori atau 150 kalori dan simpanlah di lemari es.

  5. Buanglah makanan tidak sehat.

    Pasangan Anda atau anak-anak mungkin penggemar minuman bersoda, semangkuk es krim, atau junk food, yang bila berada dalam jangkauan Anda, Anda pasti tergoda untuk menikmatinya. Buanglah makanan tersebut dari dapur Anda, agar tidak tergoda untuk memakannya.

  6. Gunakan piring berukuran lebih kecil.

    Ketika kita menyiapkan sepiring makanan, kita merasa perlu mengisinya hingga penuh. Jika mulai dengan piring berukuran lebih kecil, maka tidak banyak tumpukan dalam piring, sehingga kalori yang dikonsumsi akan lebih sedikit.

  7. Bekukan buah-buahan dan sayuran.

    Belilah lebih banyak buah-buahan dan sayuran dari supermarket, lalu cuci, potong, dan simpanlah dalam wadah besar dalam freezer. Bukan hanya menghemat uang ketika membelinya dalam jumlah besar, tapi buah-buahan dan sayuran tadi dapat ditambahkan dalam smoothie, yoghurt, pasta, sup, atau omelet.

  8. Gandakan atau buatlah resep tiga kali lipat.

    Jika Anda membuat sup, sayuran panggang, salad, atau sesuatu yang lain untuk makan malam, janganlah hanya membuat untuk satu kali makan. Masaklah dua atau tiga kali dari resep, lalu simpan sisanya setelah diambil untuk makan hari ini. Jika makan siang atau  makan malam sudah tersedia, maka kecil kemungkinan Anda keluar mencari makanan yang tidak sehat.

Mari kita mencoba memulai menyediakan makanan yang lebih sehat agar tubuh semakin sehat. (*)