Find Us On Social Media :

Bersih Diri, Sehat Jiwa Raga

By Jeffrey Satria, Selasa, 25 September 2012 | 15:00 WIB

Bersih Diri, Sehat Jiwa Raga

Intisari-Online.com - Kebersihan adalah cerminan kesehatan. Ya, ungkapan ini betul adanya. Menjaga kebersihan dengan melakukan kebiasaan baik seperti mencuci tangan, menyikat gigi dan menggunakan dental floss setelah bersantap misalnya, akan menjaga Anda dari serangan bakteri, virus dan penyakit. Donald Novey, MD, dokter dan ahli medis, mengatakan, “Menjaga kebersihan badan, juga mampu membuat Anda merasa lebih baik secara mental.”

Ya, ucapan Donald rasanya ada benarnya. Mereka yang kurang menjaga kebersihan diri sendiri, terlihat lebih tidak sehat, dan kerap dikucilkan. Bagaimana tidak, bau mulut tak sedap, bau badan tak sedap, gigi yang berwarna kecokelatan, tentu tak sedap dipandang mata bukan? Untuk mendapatkan badan yang bersih, diperlukan sebuah kemauan untuk mengubah pola dan gaya hidup. Ada beberapa langkah mudah untuk memulai pola dan gaya hidup sehat. Ini di antaranya:

  1. Mandilah secara teratur.

    Mandi dan keramas secara teratur. Bagi kita yang tinggal di negara tropis, mandi dan keramas adalah hal yang wajib di lakukan. Selain membersihkan kotoran seperti debu dan bekas keringat, mandi juga dapat membersihkan kulit yang mengelupas. Kulit tubuh mengelupas secara konstan, dan itu perlu dibersihkan. Kulit yang tak dibersihkan akan menyebabkan penyakit.

  2. Potong kuku.

    Walau terlihat sepele, memotong kuku memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan. Dengan memotong kuku, Anda menghindari pengumpulan kotoran yang bisa terselip di bawah kuku. Bagi mereka yang bekerja dengan komputer, memotong kuku dapat memudahkan jari saat menari di atas keyboard.

  3. Sikat gigi secara teratur.

    Idealnya, menyikat gigi harus dilakukan setiap selesai makan. Paling tidak, sikat gigi Anda dua kali sehari, dan gunakan dental floss sekali sehari. Menyikat gigi dapat mengurangi akumulasi bakteri mulut yang dapat menyebabkan sakit gusi dan gigi busuk. Gigi dan gusi yang tak sehat dapat menyebabkan gigi mudah putus dan mempersulit proses penguyahan.

  4. Cuci tangan.

    Mencuci tangan sebelum menyantap hidangan sudah selayaknya jadi kebiasaan yang diajarkan sejak kecil. Ya mencuci tangan dapat menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dari tangan. Gunakan sabun cuci tangan yang berkualitas atau hand gel berbasis alkohol bila tak ada air di sekitar.

  5. Tidur cukup. 

    Bagi masyarakat urban, tidur adalah kesempatan yang langka. Tidurlah selama 8 - 10 jam sehari agar sistem imun tubuh tidak terganggu. Kurang tidur juga dapat membuat Anda tak bersemangat dan cepat sekali lelah. Jangan biarkan aktivitas Anda di siang hari terganggu karena kurang tidur.

Bagi sebagian besar orang, menjaga kebersihan diri sendiri sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Beberapa dari mereka menjadikannya sebagai sesuatu yang wajar. Mereka mandi, menggosok gigi, pergi ke dokter gigi dan dokter secara teratur. Namun harus diakui kebiasaan ini tak dimiliki oleh setiap orang. Bagi Anda yang mengenal seseorang yang kurang bisa menjaga kebersihan diri, inilah saatnya Anda memberitahu mereka. Bantu mereka untuk menjaga kesehatan, dimulai dari kebersihan diri.