Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Anemia

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 26 September 2012 | 15:19 WIB

Jangan Sampai Anemia

Intisari-Online.com – Jenis anemia lebih dari satu. Paling sering anemia kekurangan zat besi (Fe). Anak sekolah dan ibu hamil merupakan kelompok rentan defisiensi zat besi. Cara termudah mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Tubuh pria membutuhkan 10 mg Fe sehari, wanita 15 mg. Masa hamil dan menyusui perlu suplemen zat besi sampai 60 mg. Menu harian sumber zat besi terbaik, khususnya dalam daging merah dan telur. Sayuran hijau seperti bayam, dan kubis kaya akan zat besi. Begitu juga dalam roti, dan sereal. Selain itu banyak juga dalam remis, kerang, avokad, umbi bit, pir, kacang-kacangan, kismis dan kedelai.

Kelebihan zat besi dalam tubuh bisa menghambat penyerapan kalsium dan seng (Zinc). Zat besi yang berlebih dalam tubuh untuk waktu lama bisa mengganggu kelenjar pankreas, jantung, dan hati. Orang dengan penyakit (genetik ) hemochromatosis, menyerap zat besi lebih banyak dibanding orang normal. Yang sama terjadi pad aorang yang baru menerima transfusi darah. (Sehat Itu Murah)