Find Us On Social Media :

Mengenal Leukemia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 Oktober 2012 | 15:07 WIB

Mengenal Leukemia

Intisari-Online.com – Leukemia adalah kanker yang terjadi pada jaringan tubuh pembentuk darah. Leukemia biasanya diawali dengan hilang atau rusaknya urutan DNA (asam nukleat) salah satu atau beberapa sel darah putih.

Sel abnormal yang disebut blas (blast) ini tidak dapat menjadi matang. Sel ini terus berlipat ganda, sehingga jumlah sel darah putih yang abnormal ini menjadi berlebihan. Konsentrasi tinggi sel-sel abnormal ini biasanya ada di sumsum tulang, sistem kelenjar getah bening, dan alirah darah, yang lama-kelamaan mulai mengganggu fungsi organ vital.

Normalnya, sel darah putih adalah penyerang infeksi yang tangguh. Leukemia mengganggu kemampuan sel darah putih tersebut. Sel darah putih abnormal ini mengakibatkan produksi sel darah putih yang normal jadi menurun, yang berdampak menurunkan kemampuan tubuh menghadapi infeksi.

Produksi sel darah putih abnormal yang menguasai sumsum tulang ini juga mengganggu produksi sel darah merah dan trombosit dalam sumsum tulang.

Dengan kurangnya sel darah merah, berarti organ tubuh tidak dapat memperoleh oksigan cukup. Selain itu, kurangnya trombosit membuat proses pembekuan darah menjadi kurang efektif, sheingga tubuh rentan terhadap perdarahan dan memar.

Banyak orang menganggap leukemia adalah penyakit masa kanak-kanak. Padahal penyakit ini menyerang orang dewasa 10 kali lebih banyak daripada anak-anak. Di AS, setiap tahun muncul 30.000 kasus baru leukemia.

Para ahli memang belum dapat memastikan penyebab berkembang dan bertambahnya sel abnormal ini. Namun, mereka telah mengindentifikasi beberapa faktor yang dapat dianggap meningkatkan risiko leukemia, antara lain:

Ada berbagai pengobatan dan terapi perawatan leukemia. Bentuk perawatan yang disarankan dokter tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis leukemia yang diderita.