Find Us On Social Media :

Kenali Obat Penyebab Rambut Rontok

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 11 Oktober 2012 | 15:36 WIB

Kenali Obat Penyebab Rambut Rontok

Intisari-Online.com – Anda mengalami kebotakan atau rambut semakin menipis? Rambut Anda berubah warna atau  jadi keriting? Coba periksa kembali obat yang Anda konsumsi. Bisa jadi, itu penyebabnya.

Obat tekanan darah, jerawat, depresi, dan obat penghilang rasa sakit yang sering diresepkan bisa menyebabkan gangguan pada rambut dan kulit kepala. Laporan ini didasarkan pada temuan para ilmuwan di University of Melbourne.

Rambut rontok dan rambut menipis dapat terjadi hingga satu tahun setelah minum obat tertentu. Dokter menyarankan untuk segera berkonsultasi jika Anda melihat kerontokan rambut yang tidak biasa. Tapi, jangan berhenti minum obat tanpa konsultasi.

Penyebab rambut rontok atau perubahan pada rambut sering luput dari perhatian, tetapi selalu pertimbangkan efek dari obat, demikian penjelasan Profesor Sam Shuster, profesor dermatologi di Newcastle University. Ia menyebutkan, rambut rontok akibat asupan obat masih dapat dikembalikan jika obat dihentikan, demikian kutipan dari Daily Mail.

Obat kemoterapi, misalnya, dapat membunuh sel kanker, tetapi juga menyerang jaringan lain seperti folikel rambut. Pasien akan mulai kehilangan rambut sekitar 2 – 3 minggu setelah pengobatan.

Penemuan ini juga menemukan obat-obatan yang dapat mempengaruhi tekstur dan warna rambut, tetapi akan tumbuh kembali 3 – 10 bulan setelah perawatan berakhir. Berikut ini beberapa obat yang menyebabkan gangguan di rambut.