Find Us On Social Media :

8 Kebiasaan Buruk Menggosok Gigi

By Agus Surono, Selasa, 16 Oktober 2012 | 18:50 WIB

8 Kebiasaan Buruk Menggosok Gigi

Intisari-Online.com - Untuk apa Anda menggosok gigi? Menghindari sakit gigi atau mencegah bau mulut? Apa pun alasan Anda, simak delapan kebiasaan buruk yang bisa saja Anda tanpa sadar melakukannya. Jika kebiasan buruk ini Anda lakukan, tujuan dari menggosok gigi bisa saja hanya mencegah bau mulut. Padahal, kebiasaan yang salah itu bisa menjurus ke gigi berlubang, membusuk, dan penyakit gusi.

Apa saja ke-8 kebiasaan buruk itu?

Menggosok gigi tidak lama.

Menurut dokter gigi Michael Lencher, kebanyakan orang menggosok gigi kurang lama. Para dokter gigi menganjurkan untuk menggosok gigi antara dua dan tiga menit. Sementara itu, rata-rata orang menggosok gigi adalah satu menit. Bisa karena terburu-buru mau kerja atau sudah ngantuk.

Ubah kebiasaan itu dengan memasang alarm sehingga Anda tahu seberapa lama dua atau tiga menit itu. Atau gunakan sikat gigi listrik dan setel waktu berputarnya antara dua dan tiga menit.

Tidak melihat yang Anda lakukan.

Karena sudah menjadi kebiasaan yang rutin, Anda pun melakukan gosok gigi tanpa memperhatikan kemana gerak sikat gigi. Ini tentu memberi kesempatan bagi kita untuk melihat celah-celah gigi tempat bersembunyi makanan yang akan mengakibatkan plak, tartar, atau bakteri penyebab radang gusi. Menyikat gigi secara otomatis itu juga menghilangkan kesempatan Anda melihat bagian dalam mulut terutama di belakang geraham. Padahal bisa saja kotoran tersembunyi di sana.

Cobalah sekarang menggosok gigi di depan cermin dan perhatikan aktivitas sikat gigi Anda.

Teknik menyikat yang kurang benar.

Enamel yang menjadi pelapis gigi tersusun atas batang-batang seperti gelas saling berimpitan. Ketika Anda mengikat dengan arah horisontal, secara tidak langsung Anda melakukan "penebangan" batang-batang tadi. Lama-lama batang gelas akan hancur dan perlindungan gigi tidak maksimal. Gigi pun mudah gompal atau patah.

Posisikan sikat dengan sudut 45 derajat terhadap permukaan gigi dan buatlah gerakan memutar dalam lingkaran kecil. Fokuslah pada beberapa gigi sebelum berpindah ke gigi lain. Atas bawah, depan belakang. Lalu sikat bagian gusi yang bersinggungan dengan gigi untuk mengusir plak yang rontok dan bakteri.

Menyikat terlalu keras.