Find Us On Social Media :

Mengapa Wanita Lebih Cepat Panik?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Oktober 2012 | 16:40 WIB

Mengapa Wanita Lebih Cepat Panik?

Intisari-Online.com – Setelah membaca atau mendengar berita yang negatif, apa reaksi Anda? Kebanyakan pria hanya membaca tanpa serius, mereka terlihat lebih santai. Sebaliknya, wanita jadi lebih panik dan protektif.

Hal ini menunjukkan tingkat kepekaan terhadap situasi stres. Sonia Lupien dan timnya dari University of Montreal, Kanada, meneliti sekelompok pria dan wanita yang membaca artikel surat kabar baru-baru ini. Satu kelompok memandang  artikel itu hanya sebagai ‘berita biasa’, sementara kelompok lain menunjukkan artikel yang mereka baca dianggap ‘berita negatif’. Setelah membaca, peserta melakukan tes psikologi standar untuk mengukur stres. Mereka juga memantau tingkat stres dengan mengukur kadar kortisol air liur (hormon stres).

Seperti dilansir Daily Mail, peneliti ini menemukan bahwa meskipun membaca berita negatif, tingkat stres pada pria tidak akan meningkat dengan cepat. Namun, wanita yang membaca berita negatif, kadar kortisol mereka  akan naik lebih tinggi. Wanita juga memiliki memori yang kuat dan respon emosional terhadap berita negatif.

Walaupun penelitian sebelumnya telah menilai peran media massa  sebagai peningkat faktor stres, ini adalah penelitian pertama yang mempertanyakan dampak dari publikasi berita negatif terhadap reaktivitas stres.