Find Us On Social Media :

Waspadai, Ponsel Penyebab Alergi

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 13 November 2012 | 14:47 WIB

Waspadai, Ponsel Penyebab Alergi

Intisari-Online.com – Saat ini banyak orang yang  tidak bisa dipisahkan lagi dari ponselnya. Mereka mungkin tidak tahu bila ponsel dapat menyebabkan kerugian pada kesehatan mereka. Kali ini para peneliti menyatakan bahwa ponsel dapat menyebabkan alergi jika terlalu sering digunakan.

Para ahli melihat peningkatan kasus alergi disebabkan oleh nikel dan kobalt pada ponsel. Dalam penelitian, mereka menguji ponsel untuk mencari solusi. Hasil penelitian menunjukkan, sekitar sepertiga dari ponsel Blackberry mengandung nikel. Dua ponsel Blackberry yang tidak mengandung nikel dan kobalt adalah Blackberry Torch dan Blacberry Curve.

Sementara, 90 persen dari ponsel flip mengandung nikel dan 50 persen dari ponsel flip mengandung kobalt.  Namun, tidak ada ponsel Android dan iPhone yang diketahui mengandung nikel atau kobalt, jelas peneliti Dr. Luz Fonacier dari Winthrop University Hospital di Mineola, New York.

“Ponsel yang tombolnya sering digunakan dan mudah rusak sering mengandung nikel. Pada Blackberry, sebagian besar dari nikel ditemukan di tombolnya,” katanya, seperti dilansir NY Daily News.

Lalu, bagaimana kita menyikapinya? Cara terbaik adalah pengguna telepon seluler menggunakan pelapis ponsel yang terbuat dari plastik untuk melindungi ponsel sekaligus untuk melindungi Anda dari alergi kulit.

Jika Anda memang memiliki bakat alergi, lebih baik berpikir kembali untuk membeli ponsel baru yang tidak mengandung nikel. Ketika gejala alergi mulai muncul, lebih baik kurangi penggunaan ponsel.