Find Us On Social Media :

Hai Wanita, Cek 5 Hal Berikut

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 20 Februari 2013 | 11:09 WIB

Hai Wanita, Cek 5 Hal Berikut

Intisari-Online.com – Wahai para wanita, apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan rutin pada payudara Anda sendiri setiap bulan? Wanita perlu lebih rajin memantau kondisi tubuh mereka sendiri. Mengapa? Karena wanita sangat rentan terhadap berbagai penyakit, terutama kanker.

Nah, berikut ini beberapa pemeriksaan kesehatan rutin yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, seperti dilansir Livestrong.

  1. Menstruasi.

    Lacaklah siklus menstruasi Anda setiap bulan. Deteksi gejala aneh yang Anda rasakan setiap periode atau periode sebelumnya. Ingat, bahaya kanker serviks bisa mengancam wanita mana pun. Kanker serviks bisa sangat invasif dan menyerang jaringan di dekatnya. Seorang wanita yang terkena kanker rahim biasanya mengalami perdarahan vagina yang terjadi di antara menstruasi, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.

    Nah, jika Anda menemukan gejala yang aneh pada alat kelamin Anda, lakukan pap smear untuk membuktikan kebenarannya. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

  2. Memeriksa kuku.

    Tanda-tanda kanker kulit juga dapat berkembang di bawah kuku. Periksalah kuku dan temukan tanda-tanda seperti kekuningan, cokelat, atau garis-garis hitam, yang semuanya dapat menjadi tanda-tanda kerusakan sel. Jika Anda menemukan tanda-tanda yang membuat Anda merasa khawatir, periksakan ke dokter. Yang paling penting, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

  3. Memeriksa kulit.

    Kulit dapat menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan seseorang. Sindrom ovarium polikistik umumnya ditandai dengan resistensi insulin, menstruasi yang tidak teratur, dan kelebihan produksi hormon seks pria, yang dapat menyebabkan kulit berminyak, kusam, dan tebal pertumbuhan rambut pada wajah, dada, perut, punggung, ibu jari, dan jari kaki. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan medis. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan panggul, tes darah, atau USG vagina untuk mendiagnosa.

  4. Memeriksa ketiak.

    Kulit ketiak anda terasa gelap? Bisa jadi ini gejala diabetes. Kelebihan insulin dalam aliran darah dapat menyebabkan sel-sel kulit tumbuh tidak normal yang mengarah ke penumpukan jaringan dan melanin. Inilah yang membuat kulit di bawah lengan terasa lebih tebal dan lebih gelap. Tes darah sederhana bisa dilakukan untuk menentukan apakah Anda penderita diabetes atau tidak.

  5. Memeriksa kelopak mata.

    Apakah terlihat benjolan putih di sekitar mata? Bisa jadi itu adalah bentuk tumpukan kecil kolesterol di bawah kulit. Dengan arteri tersumbat, kolesterol tinggi bisa membuat Anda berisiko serius mengalami penyakit jantung. Yang pasti, periksakan kolesterol Anda, mintalah dokter memberi resep bagaimana mengurangi kadar kolesterol Anda.

Sudahkah Anda lakukan sendiri cek kesehatan di rumah? Ingat, jika menemukan sesuatu yang tidak biasa, segeralah berkonsultasi dengan dokter. (*)