Find Us On Social Media :

Wanita, Hati-hati dengan Kalsium!

By Audry Marlita, Kamis, 21 Februari 2013 | 18:23 WIB

Wanita, Hati-hati dengan Kalsium!

Intisari-Online.com - Kalsium merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Namun penilitian terbaru menunjukkan bahwa wanita dewasa yang mengkonsumsi kalsium dalam jumlah banyak bisa menaikkan resiko terkena penyakit jantung atau bahkan kematian. 

Peneliti Swedia melakukan penilitian terhadap 61.433 wanita yang lahir antara tahun 1914 dan 1948. Para peniliti juga menggunakan kuesioner untuk mengetahui makanan dan suplemen kalsium yang mereka konsumsi setiap harinya.

Setelah mengkontrol seluruh aktivitas para wanita tersebut, ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1,400 miligram atau lebih kalsium per harinya lebih memungkinkan terkena serangan jantung, dibandingkan dengan wanita lain yang mengkonsumsi sekitar 600 dan 1.000 miligram kalsium. Tingkat kematian karena penyakit kardiovaskular juga 49 persen lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak terlalu banyak mengkonsumsi kalsium. Kalsium bisa meningkatkan kadar protein dalam darah yang berhubungan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit cardiovascular.

Hasil temuan ini diumumkan melalui media daring seminggu yang lalu. Risiko ini ditemukan bagi wanita yang memang mengkonsumsi kalsium dalam jumlah banyak. Tidak ada kenaikan risiko diikuti kenaikan asupan jumlah kalsium yang dikonsumsi.

“Jika kita menjalankan diet normal, tidak perlu mengkonsumsi suplemen kalsium” ungkap Dr. Karl Michaëlsson, profesor dan dokter bedah orthopedi di Uppsala University, Swedia. “Suplemen kalsium berguna jika asupan kalsium kita sangat rendah, namun cuman beberapa wanita yang seperti itu”. (NewYorkTimes)