Find Us On Social Media :

Bayi Lahir Caesar Lebih Rentan Alergi

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Februari 2013 | 18:00 WIB

Bayi Lahir Caesar Lebih Rentan Alergi

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian menunjukkan, bayi yang lahir melalui operasi caesar lebih rentan terhadap alergi lima kali lipat. Alergi itu meliputi debu, hewan peliharaan, bulu, atau tungau dalam debu. Para peneliti percaya, bayi yang lahir tidak melalui vagina ibu akan lebih rentan karena mereka tidak tersentuh oleh bakteri yang dibawa oleh ibu mereka.

Hal ini kemudian dihubungkan oleh peneliti dengan gaya hidup yang sangat bersih pada anak-anak yang dapat menyebabkan risiko alergi saat mereka tumbuh dewasa.

“Anak-anak perlu paparan mikroorganisme dari masa kanak-kanak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Interaksi bakteri dan mikroorganisme akan mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi mereka dari alergi,” jelas pemimpin peneliti Dr. Christine Cole Johnson dari Henry Ford Hospital di Detroit, seperti dilansir Daily Mail.

Tim peneliti mempelajari 1.258 bayi baru lahir saat mereka berusia satu bulan, enam bulan, dan dua tahun. Dalam penelitian selama dua tahun tersebut, bayi yang lahir melalui operasi caesar lebih mungkin memiliki alergi dibandingkan bayi yang lahir normal.