Find Us On Social Media :

Obat Mual Wanita Hamil: Aman

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 3 Maret 2013 | 06:00 WIB

Obat Mual Wanita Hamil: Aman

Intisari-Online.com – Obat mual bagi wanita hamil tidak akan membahayakan janin. Demikian penelitian terbaru dari Denmark, seperti dilansir CBS News.

Sekitar satu dari 10 wanita hamil mengalami mual dan muntah yang cukup parah sehingga perlu minum obat. Namun, mereka sering mengabaikan obat tersebut karena mereka takut efek sampingnya pada bayi.

Melalui sebuah penelitian yang melibatkan 600.000 wanita hamil, para ahli dari Denmark membuktikan, salah satu obat mual yang disebut Zofran aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Bjorn Pasternak dari State Serum Institute di Kopenhagen. Hasilnya juga telah dilaporkan dalam New England Journal of Medicine.

Zofran cukup efektif dan aman. Jadi, wanita hamil tidak harus menderita karena mual berkepanjangan yang dialami,” kata Dr. Iffath Hoskins, juru bicara American College of Obstetricians and Gynecologists yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun, para peneliti masih menyarankan agar wanita hamil mencoba solusi alami mengatasi mual sebelum mengonsumsi obat-obatan. Misalnya, minuman herbal, makan makanan yang kaya vitamin B, serta ngemil sehat untuk tambahanan energi.