Find Us On Social Media :

Wanita Hamil, Jangan Obes Ya?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Maret 2013 | 14:11 WIB

Wanita Hamil, Jangan Obes Ya?

Intisari-Online.com – Obesitas pada wanita hamil tidak membahayakan dirinya, tetapi untuk bayi mereka. Sebuah penelitian di Australia menemukan, wanita obesitas berisiko lebih besar melahirkan anak dengan dinding aorta lebih tebal.

Arteri yang tebal sering dikaitkan dengan masalah kardiovaskular dan penyakit jantung di kemudian hari. Namun, penebalan aorta tidak berhubungan dengan berat badan bayi saat lahir.

Hal ini ditemukan setelah para peneliti mempelajari 23 wanita hamil. Mereka mencatat Indeks Massa Tubuh (IMT) sebelum diteliti. Kemudian, peneliti mengukur aorta bayi tujuh hari setelah bayi lahir dengan menggunakan gelombang ultra, seperti dilansir NY Daily News.

Hasilnya, wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dengan IMT lebih dari 25, lebih memungkinkan melahirkan bayi dengan dinding aorta sampai 0,06 milimeter lebih tebal dibandingkan ibu hamil dengan berat badan normal.

Semakin tinggi IMT wanita hamil, semakin tebal dinding aorta pada bayi. Aorta yang cukup tebal berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di jantung saat bayi tumbuh.