Find Us On Social Media :

Temu Hitam Obat Mogok Makan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 20 Maret 2013 | 08:00 WIB

Temu Hitam Obat Mogok Makan

Intisari-Online.com – Khasiat temu hitam atau temu ireng (Curcuma aeruginosa) sebagai perangsang nafsu makan sudah kondang sejak zaman nenek moyang. Untuk menghasilkan jamu cekok ini, diperlukan 10 g temu hitam segar, 10 g daun pepaya, 1 g daging pala, madu, atau gula aren secukupnya.

Cara membuatnya mudah. Temu ireng, daun pepaya, dan daging pala dihaluskan, lalu diseduh dengan air mendidih. Setelah dingin, ditambahi madu atau gula aren. Entah kenapa ada juga yang menambahkan tempe bosok yang dihaluskan. Ramuan itu rasanya memang agak pahit. Makanya, jamu itu dicekokkan ke mulut anak setelah dibungkus kain bersih. Sari temu hitam ini diberikan pada pagi hari sebelum sarapan.

Papayotin dalam daun pepaya itu yang menimbulkan rangsangan pada dinding lambung atau merangsang keluarnya lebih banyak empedu sehingga menstimulasi kerja lambung.

Tidak seperti temu lawak atau temu kunci, temu hitam ini memang jarang terlihat di pasar. Di Jawa Barat tanaman yang biasanya sebagai tanaman sela di pekarangan ini dikenal dengan sebutan koneng hideung. Di Makasar disebut temu leteng, sedangkan orang Bugis bilang temu lotong.

Temu ireng merupakan terna dengan batang semu, tingginya bisa mencapai 2 m. Daunnya hijau dengan garis agak kecokelatan di sepanjang tulang daunnya. Tangkai bunganya keluar dari ketiak daun. Kelopak bunganya putih dengan mahkota berbentuk tabung.

Rimpang temu hitam mengandung minyak atsiri 2%, lemak, karbohidrat, damar, sedikit kurkumin, dan zat pembawa pahit. (Intisari)