Find Us On Social Media :

Apakah Flu Burung Berbahaya?

By dwi andriani putri, Rabu, 24 April 2013 | 12:00 WIB

Apakah Flu Burung Berbahaya?

Intisari-Online.com - Unggas pada umumnya sering dikonsumsi oleh banyak orang. Tetapi sekarang ini ramai dibicarakan tentang penyakit flu burung yang disebabkan oleh unggas. Apa mungkin flu unggas itu menular pada manusia?

Flu burung adalah infeksi yang disebabkan oleh virus flu burung jenis tertentu. Meskipun ada banyak jenis flu burung, jenis yang kini menyangkut tenaga kesehatan adalah virus flu burung H5N1. Virus ini ditemukan pada burung liar. Sebagian besar waktu, burung liar tidak mendapatkan sakit dari virus. Namun burung liar dapat dengan mudah menularkan virus kepada burung yang dibesarkan untuk makanan, seperti ayam, bebek, dan kalkun. Virus ini dapat menyebabkan mereka menjadi sangat sakit.

Biasanya virus flu burung tidak lulus dari unggas ke manusia. Namun sejak tahun 1997, beberapa orang telah menjadi sakit dengan serius, baik mematikan flu burung. Sebagian besar infeksi ini telah di negara-negara Asia antara orang-orang yang pernah kontak dengan unggas yang dibesarkan di pertanian. Namun para ahli percaya bahwa virus akhirnya dapat menyebar ke seluruh bagian dunia.

Flu burung disebabkan oleh virus. Setelah burung liar menginfeksi burung tambak, virus dapat dengan mudah dan cepat menyebar di antara ratusan atau ribuan burung. Unggas yang sakit harus dimusnahkan untuk menghentikan penyebaran virus. Orang yang datang ke dalam kontak dengan ayam yang sakit, bebek, atau kalkun lebih mungkin untuk mendapatkan virus.

Virus flu burung dapat ditularkan melalui kotoran burung dan air liur pada permukaan seperti kandang, traktor, dan peralatan pertanian lainnya. Kebanyakan orang tidak perlu khawatir tentang mendapatkan sakit dengan virus flu burung. Anda tidak bisa mendapatkan flu burung dari makan sepenuhnya dimasak ayam, kalkun, atau bebek, karena panas membunuh virus. (WebMd)