Find Us On Social Media :

Deteksi Penyakit Jantung dari Rambut

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 April 2013 | 05:00 WIB

Deteksi Penyakit Jantung dari Rambut

Intisari-Online.com – Meskipun kecil, tampaknya rambut juga memberikan informasi tentang kesehatan tubuh. Salah satunya risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan, sehelai rambut dapat menunjukkan tingkat risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Helaian rambut memiliki informasi tentang tingkat stres seseorang, yang pada gilirannya bisa menjadi indikasi apakah seseorang akan terkena penyakit yang lebih serius.

Tidak seperti tes darah yang bisa menunjukkan hormon kortisol dalam satu waktu, helaian rambut dapat memberikan informasi tentang hormon kortisol dalam waktu satu bulan. Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menemukan bahwa orang dewasa dan orang tua memiliki kortisol lebih tinggi, yang lebih rentan terhadap penyakit jantung.

“Seperti dengan tekanan darah tinggi atau lemak perut, penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hormon kortisol menunjukkan risiko seseorang terhadap penyakit jantung,” kata peneliti Laura Manenschijn dari Erasmus MC, Rotterdam.

Ia menambahkan, pangkal rambut memiliki informasi tentang tingkat hormon kortisol dan amandemen yang dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk menganlisis risiko penyakit jantung, demikian dilaporkan Daily Mail

Para peneliti menemukan hasilnya dari 283 orang dalam kelompok usia 65 – 85 tahun. Mereka menggunakan tiga sentimeter helai rambut yang menyimpan informasi hormon kortisol selama tiga bulan.

Orang-orang yang diketahui memiliki tingkat tinggi hormon kortisol juga rentan berisiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes. Tidak hanya itu, analisis rambut juga untuk menunjukkan risiko seseorang terkena alergi makanan.