Find Us On Social Media :

Pelihara Hewan, Jantung Terpelihara

By Ade Sulaeman, Jumat, 17 Mei 2013 | 11:00 WIB

Pelihara Hewan, Jantung Terpelihara

Intisari-Online.com - Memelihara hewan, khususnya anjing, mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada seseorang. Itulah yang disampaikan oleh American Heart Association yang dikepalai oleh Dr. Glenn Levine, seorang profesor dari Baylor College of Medicine di Amerika Serikat.

Menurut Levine, dalam dekade terakhir, sebenarnya cukup banyak penelitian yang mencoba mencari tahu hubungan kepemilikan hewan peliharaan dengan menurunnya risiko penyakit jantung. Misalnya saja beberapa penelitian yang menemukan bahwa manusia yang memiliki hewan peliharaan cenderung untuk memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Bukti lainnya menunjukkan bahwa, dibanding mereka yang tidak memelihara anjing, orang-orang yang memiliki anjing memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Manfaat tersebut diperkirakan disebabkan pemilik anjing biasanya gemar berjalan kaki bersama anjing mereka. Hal ini terbukti dari temuan yang menunjukkan bahwa mereka yang tidak pernah berjalan kaki bersama anjingnya, apalagi yang tidak memelihara anjing, tidak pernah mencapai tingkat aktivitas fisik yang cukup.

American Heart Association juga menyatakan bahwa berjalan bersama anjing peliharaan juga dikaitkan dengan rendahnya risiko obesitas, dan mungkin juga dapat menbantu mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Levine mengingatkan pernyataan ini bukan berarti orang-orang dianjurkan untuk memelihara hewan. Apalagi jika mereka belum merasa mampu untuk memelihara dengan baik. Upaya untuk menurunkan risiko terbaik adalah dengan menjaga pola hidup sehat, rajin olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. (MyHealthNewsDaily)