Find Us On Social Media :

Pembungkus Plastik Tingkatkan Tekanan Darah

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 26 Mei 2013 | 06:00 WIB

Pembungkus Plastik Tingkatkan Tekanan Darah

Intisari-Online.com- Pembungkus makanan berbahan plastik rasanya tidak bisa jauh dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap hari kita menggunakannya. Buat membungkus nasi misalnya, menyimpan buah-buah dan sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Meski demikian, kita patut hati-hati dengan zat yang terkandung di dalam pembungkus makanan tersebut. Terutama buat anak-anak

Menurut penelitian terbaru, zat kimia yang terkandung di dalamnya berpotensi membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Selain itu, zat-zat tersebut juga disinyalir mengganggu pertumbuhan hormon. Terutama di masa-masa pertumbuhan.

Analisis yang dilakukan oleh Langone Medical Centre dari New York University, menyebutkan, hampir 3.000 anak-anak bersentuhan dengan pthalates saat pertama kali membuka bungkus plastik jajan yang dimakannya. Pthalates merupakan zat yang dipakai untuk menjaga daya tahan bungkus plastik agar tetap elastis dan fleksibel. 

Dr Leonardo Trasande, pakar penyakit anak dari Langone Medical Centre mengatakan, bahwa pthalates bisa menghambat fungsi sel-sel yang ada di jantung. Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya ketegangan pada pembuluh arteri.

“Kami telah menguji hubungan antara pthalates dengan tekanan darah. Pthalates pada dasarnya akan meningkatkan tekanan darah secara drastis pada anak-anak, dan tekanan yang tinggi itu nantinya akan berimplikasi pada pertumbuhan zat kimia yang membuka peluang untuk berkembangnya beragam penyakit,” kata Leonardo menjelaskan. (Mail Online)