Find Us On Social Media :

Gatal Pun Dapat Dihilangkan Lo!

By Mohamad Takdir, Senin, 27 Mei 2013 | 10:00 WIB

Gatal Pun Dapat Dihilangkan Lo!

Intisari-Online.com - Ilmuwan telah menemukan elemen penting dalam sistem saraf yang bertanggung jawab mengirimkan sensasi gatal dari kulit ke otak. Sebuah penemuan yang menarik untuk menanggulangi gatal-gatal. Mengambil neuro-transmitter tersebut yang bernama natriuretic polypeptide b (Nppb) – menyebabkan rasa gatal itu menghilang menurut Mark Hoon, peneliti di US National Institute of Dental and Craniofacial Research di Washington, DC.

Mark Hoon berharap bahwa penemuan ini bisa membantu penyembuhan gatal sebab ada pula penyakit gatal yang kronis. Mereka yang menderita eksim atau psoriasis sering gatal dalam waktu lama. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu lama gatal bisa berbahaya. Beberapa pasien bahkan sampai menyebabkan kulit mereka luka karena menggaruk terlalu keras.

Penelitian mengenai elemen penting syaraf dalam gatal ini dilakukan dengan menguji beberapa neurotransmitter dari sistem syaraf pusat untuk mempelajari perannya dalam persepsi pada suhu, rasa sakit dan gatal. Penelitian yang dilakukan pada tikus ini juga memunculkan fakta bahwa rasa sakit dan panas masih bisa dirasa walau rasa gatal bisa "dihilangkan".

Pendapat umum mengenai gatal adalah bukan rasa sakit, tapi merupakan sensasi unik tersendiri yang ada sambungan khusus sarafnya ke otak. Kini tantangannya adalah menemukannya pada manusia serta menghilangkan rasa gatal tanpa efek samping (The Independent)