Find Us On Social Media :

Bunion Bukan Karena Sepatu

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 5 Juni 2013 | 15:00 WIB

Bunion Bukan Karena Sepatu

Intisari-Online.com - Bunion adalah kondisi kaki yang menyakitkan ditandai dengan benjolan tulang pada sendi di pangkal jempol kaki. Menurut sebuah penelitain baru, bunion ini sepertinya disebabkan oleh gen, bukan sepatu atau jenis alas kaki lainnya.

Sebuah survei menjelaskan 23 persen dari penduduk Eropa berusia 18 – 65 tahun dan 36 persen orang berusia 65 tahun ke atas menderita bunion.

Penelitian terbaru di Journal Arthritis Care and Research kemudian menganalisis informasi tersebut. Sebenyak 1.370 responden dilibatkan dengan usia rata-rata 66 tahun.

Setiap responden harus menguji kaki mereka di tahun 2002 – 2008 untuk mendeteksi bunion, deformitas kaki, atau atrofi jaringan lunak plantar, dan kerusakan pada lemak “bantal” di bawah bola kaki.

Hasilnya, penelitian ini menemukan 31 persen responden memiliki bunion dan 30 persen menderita cacat kaki. Keduanya kemungkinan besar karena keturunan.

“Ini adalah penelitan terbesar yang pernah meninjau bunion pada orang dewasa. Rupanya kemungkinan besar bule pria dan wanita menderita bunion disebabkan oleh gen, bukan sepatu,” kata Dr. Marian Hannan dari Harvard Medical School, seperti dilansir FoxNews.

Penelitian ini diharapkan dapat dilakukan pengobatan dini untuk meminimalkan rasa sakit para penderita bunion.