Find Us On Social Media :

Tabir Surya Memperlambat Penuaan

By Ade Sulaeman, Kamis, 6 Juni 2013 | 12:00 WIB

Tabir Surya Memperlambat Penuaan

Intisari-Online.com - Suatu penelitian menunjukkan bahwa satu rahasia utnuk memiliki kulit yang terlihat lebih muda ternyata sederhana: mengoleskan tabir surya setiap hari. Peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang mengoleskan sesendok tabir surya setiap hari memiliki keriput yang lebih sedikit pada kulit mereka dibandingkan mereka yang tidak menggunakan tabir surya secara reguler.

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar ultaviolet, tapi juga melindungi kulit dari beberapa tanda penuaan. Bahkan, penelitian ini mengungkapkan bahwa orang dewasa berusia di atas 55 tahun yang menggunakan tabir surya mengalami penuaan kulit 24 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang menggunakan tabir surya hanya di waktu-waktu tertentu.

Penggunaan tabir surya secara reguler oleh remaja atau dewasa muda di bawah usia 55 tahun memberikan manfaat kosmetik dengan mencegah percepatan proses penuaan. Selain itu, mereka juga dapat memperoleh manfaat berupa berkurangnya risiko mereka untuk terkena kanker kulit dalam jangka panjang.

“Temuan kita ini menyediakan bukti bahwa penggunaan tabir surya secara reguler dapat memperlambat penuaan kulit pria dan wanita di usia dewasa muda,” ujar penulis penelitian ini, Dr. Adele Green, seorang ahli di bidang kesehatan masyarakat dan peneliti senior di Queensland Institute of Medical Research di Brisbane, Australia.

Para ahli kulit sudah menduga kebenaran temuan para peneliti ini. Hanya saja, sebelum temuan yang dipublikasikan secara daring di jurnal Annals of Internal Medicine ini hadir, mereka tidak memiliki bukti tentang dugaan-dugaan tersebut. (LiveScience)