Find Us On Social Media :

Vitamin C Cegah Kanker pada Janin

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 13 Juni 2013 | 13:08 WIB

Vitamin C Cegah Kanker pada Janin

Intisari-Online.com – Vitamin C dapat membantu mencegah masalah paru-paru pada anak-anak yang dilahirkan oleh ibu perokok. Memang wanita diharapkan agar tidak merokok selama mereka hamil karena dapat menyebabkan masalah seperti asma atau kanker paru-paru pada anak-anak yang lahir nanti. Namun, jika tidak bisa berhenti merokok, para peneliti menyarankan mereka harus mengonsumsi banyak vitamin C.

Hasil penelitian yang dilakukan pada 159 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C selama kehamilan dapat melindungi paru-paru bayi, meskipun ibu mereka perokok. Para peneliti menemukan, bayi yang lahir dari ibu perokok yang mengonsumsi vitamin C memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan ibu perokok yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Selama tahun pertama, 21 persen dari bayi yang lahir dari ibu perokok yang mengonsumsi vitamin C mengalami sesak napas. Bandingkan dengan 40 persen bayi yang lahir dari ibu perokok namun tidak mengonsumsi vitamin C.

Para peneliti juga menemukan, sekitar 22 persen bayi yang lahir dari ibu yang tidak mengonsumsi vitamin C, memerlukan obat untuk sesak napas, sedangkan pada wanita yang mengambil vitamin C, hanya ada sekitar 13 persen. Demikian dilaporkan oleh USNews.

“Vitamin C adalah suplemen aman dan murah yang dapat mengurangi efek dari merokok pada kesehatan pernapasan janin selama kehamilan dan setelah melahirkan,” jelas pemimpin peneliti Dr. Cynthia McEvoy dari Oregon Health & Science University Child Hospital.

Meskipun penelitian ini menunjukkan hubungan antara asupan vitamin C dengan penyakit paru-paru pada anak-anak dari ibu perokok, para peneliti menegaskan bahwa penelitian ini tidak membuktikan hubungan sebab akibat. Jadi, lebih baik tidak merokok selama kehamilan. (*)