Find Us On Social Media :

Habis Makan Jangan Langsung Istirahat

By Mohamad Takdir, Sabtu, 29 Juni 2013 | 10:00 WIB

Habis Makan Jangan Langsung Istirahat

Intisari-Online.com - Jalan kaki selama 15 menit sesudah makan bisa menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 bagi orangtua. Hal ini ditemukan oleh tim peneliti George Washington University. Meningkatnya kadar gula darah sesudah makan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, sehingga istirahat sesudah makan tidak dianjurkan, menurut penelitian ini.

Penelitian di Amerika Serikat ini adalah yang pertama untuk menguji olahraga ringan dalam periode yang berisiko setelah makan ketika level gula di darah bisa meningkat. Menurut peneliti utama Loretta DiPietro, kadar gula dalam darah setelah makan memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan toleransi glukosa yang bisa menuju pada diabetes tipe dua dan penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian ini menunjukkan jalan-jalan selama 15 menit tiga kali sama efektifnya dalam menurunkan kadar gula dalam darah dengan jalan kaki selama 45 menit sehari. Penelitian ini meneliti 10 orang yang berusia 60 tahun dan lebih tua serta mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe dua.

Jadi, setelah makan jangan langsung tidur atau bersantai, alangkah lebih baik jika olahraga ringan dulu. (BBC)