Find Us On Social Media :

Mau Fokus? Dengar Mozart!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 6 Juli 2013 | 13:00 WIB

Mau Fokus? Dengar Mozart!

Intisari-Online.com – Beberapa  orang minum kopi untuk meningkatkan konsentrasi. Beberapa orang lain makan permen karet atau mendengarkan musik. Setiap orang mungkin memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan fokus. Namun, penelitian menunjukkan bahwa musik Mozart adalah yang terbaik.

Mendengarkan musik Mozart dikenal untuk meningkatkan kemampuan otak dan membantu pikiran agar lebih fokus. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan Mozart dapat meningkatkan kemampuan otak orang dewasa dan anak-anak. Musik ini dapat membantu mereka berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas.

“Musik berevolusi untuk membantu meringankan stres yang dapat mengganggu kemampuan kognitif manusia,” kata Profesor Nobuo Masataka dari Kyoto University, Jepang, dan Dr. Leonard Perlovsky dari Harvard University yang memimpin penelitian.

Para peneliti menemukan hasil ini setelah mengamati 35 anak usia delapan dan sembilan tahun serta 25 orang dewasa berusia 65 sampai 75 tahun yang diminta untuk melakukan tes Stroop. Demikian dilaporkan Daily Mail.

Tes ini berguna untuk menguji kekuatan mental dan pikiran seseorang dengan meminta mereka untuk menamai warna kertas yang menyebutkan warna yang berbeda. Misalkan kata “merah” ditulis dengan warna biru. Peserta diminta untuk menyebutkan warna teks, yang biru, bukan merah.

Hasilnya, kedua kelompok berhasil mengidentifikasi dan melakukan tes dengan baik dan cepat ketika mereka sambil mendengarkan musik Mozart. Bila dibandingkan dengan jenis lain dari musik yang menenangkan, hasilnya tidak lebih baik daripada musik Mozart.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bukti tambahan bahwa musik Mozart dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi seseorang, baik tua maupun muda. Penelitian sebelumnya pun telah menunjukkan bahwa musik Mozart memang memiliki manfaat bagi otak. Para peneliti menyebut ini sebagai “Efek Mozart”.

Bagaimana dengan Anda? (*)