Find Us On Social Media :

Jelang Pemilu, Anak Muda di Inggris Ikut Lipat Surat Suara

By Chatarina Komala, Minggu, 30 Maret 2014 | 10:00 WIB

Jelang Pemilu, Anak Muda di Inggris Ikut Lipat Surat Suara

Intisari-Online.com -  Jelang pemilu, kumpulan anak muda Indonesia yang tinggal di London, Inggris, ikut melipat surat suara Pemilu 2014. Biasanya, yang melipat kertas suara adalah pegawai KBRI."Mereka sangat antusias. Padahal, biasanya pelipatan surat suara pemilu itu selalu dikerjakan oleh pegawai KBRI. Keterlibatan anak-anak muda ini merupakan hal menarik bagi saya," kata Ketua Persiapan Pemilu Luar Negeri (PPLN) Inggris Raya dan Republik Irlandia Masao C Sinulingga pada Rabu (26/3/2014).(Baca juga: Anggota TNI dan Polri Boleh Ikut Pemilu Asal...)

Ia menambahkan, anak-anak muda tersebut juga telah menyatakan diri akan memilih pada Pemilu 5 April 2014 mendatang. Beberapa dari pelipat suara ini adalah pemilih pemula.Mereka juga antusiasArie Dwipayana, seorang pengamat politik dari UGM mengatakan ada dua faktor kemungkinan yang melahirkan antusiasme anak-anak muda terhadap pemilu tersebut. Pertama, latar belakang pendidikan. Mereka merupakan bagian dari kelas terdidik masyarakat Indonesia. Sewaktu di kampus atau di sekolah di Indonesia, mereka mendapat pendidikan politik yang baik sehingga afiliasi politik mereka jelas.Kedua, faktor SBY. Menurutnya, karena SBY sudah tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden, hal ini dijadikan momentum oleh banyak anak muda untuk melahirkan perubahan. (Baca juga: Bisnis Pemilu: Posisi Tawar Pedagang Naik Satu Level)

Momentum ini memicu lahirnya aktivisme dan volunteerisme di kalangan anak muda dalam proses demokrasi kali ini, apalagi jarak kini juga bukan lagi halangan. Peristiwa yang terjadi di Indonesia dapat langsung diketahui mereka yang di luar negeri melalui media online maupun interaktif. Maka, antusiasme anak muda itu pun tumbuh dengan subur. (Laila Rahmawati/ Kompas)