Find Us On Social Media :

Melawan Rasisme Melalui Lagu

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 30 April 2014 | 09:30 WIB

Melawan Rasisme Melalui Lagu

Intisari-Online.com - Isu rasisme kembali menyeruak menyusul aksi pelemparan pisang kepada pemain sepakbola FC Barcelona, Dani Alves, oleh pendukung klub Villareal. Menyusul kejadian tersebut, beberapa dukungan datang dari rekan Alves sesama pesepakbola untuk melawan rasisme.

Tidak berselang sebelum aksi kepada Dani Alves, jagat NBA (liga basket paling top se-Amerika Serikat) juga dikejutkan dengan kasus video rekaman yang berisi komentar berbau rasis. Ironisnya, video komentar tersebut diduga dibuat sendiri oleh pemilik Los Angeles Clippers, Donald Sterling.

Sebagai bentuk protes, seluruh pemain LA Clippers melalukan aksi diam. Tidak hanya dirasakan oleh para pemain, seperti yang dilaporkan oleh Mashable, komentar pedas itu telah menyakiti seluruh orang di seluruh dunia.

Untuk melawan rasisme yang seolah tidak ada habisnya, para musisi mempunyai carai untuk melawannya; tentu saja dengan lagu yang menjadi jiwa mereka. Mashable.com mencatat ada 37 lagu yang liriknya merupakan ungkapan perasaan musisi terhadap isu rasial yang terus berkembang.

Ada yang mau menambahkan?