Find Us On Social Media :

Alami Keretakan, Patung Terkenal Karya Michelangelo Berisiko Hancur

By Chatarina Komala, Jumat, 2 Mei 2014 | 13:00 WIB

Alami Keretakan, Patung Terkenal Karya Michelangelo Berisiko Hancur

Intisari-Online.com - Sejumlah laporan mengungkap, salah satu patung terkenal karya Michelangelo berisiko hancur karena terlalu berat, akibat beban pada pergelangan kakinya. David, patung seberat 5,5 ton di Kota Florence, Italia ini memperlihatkan keretakan kecil pada kakinya.(Baca juga: Usut Asal: Berjabat Tangan, Lambang Perpanjangan Tangan Dewa)Dilansir dari koran Italia, La Repubbilica, para peneliti di Florence memperingatkan, karya seni tersebut kemungkinan akan ambruk karena besarnya berat beban yang ditanggung kakinya. Bahkan, temuan terbaru Dewan Penelitian Nasional menunjukkan, ukiran batang kayu di belakang kaki kanan David, yang menopang sebagian besar beban, kemungkinan juga mengalami sejumlah keretakan. Selama ini kerusakan tersebut mungkin ditutupi plester, namun cacat tersebut cenderung muncul kembali. Tak hanya itu, setelah dilakukan sejumlah uji coba pada tiruannya, keretakan juga ditemukan di pergelangan kaki asli patung.  

Para peneliti memperkirakan hal ini terjadi ketika David masih dipamerkan selama lebih tiga abad di lapangan utama kota. Pada saat itu, posisi patung miring ke sudut yang berbahaya.

Dilaporkan oleh La Gazetta del Sud, di samping beratnya beban dan kemiringan posisi, patung setinggi lima meter tersebut sudah dalam keadaan rapuh karena buruknya kualitas marmer yang dipakai Michelangelo untuk mahakaryanya ini.(Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Patung Selamat Datang

Gempa atau perbaikan jalan juga diperkirakan akan menyebabkan patung ambruk sehingga  David, patung terkenal karya Michelangelo diusulkan untuk dipindahkan ke ruangan bebas gempa atau ke tempat baru diluar kota.

Patung marmer ini diciptakan Michelangelo antara 1501 dan 1504 dan dianggap sebagai mahakarya Renaisans. (BBC Indonesia)